Perbedaan HTTP dan HTTPS Dasar Lengkap

Artikel

Perbedaan HTTP dan HTTPS Dasar Lengkap

Perbedaan HTTP dan HTTPS Dasar Lengkap

Anda mungkin sering menjumpain website yang menggunakan http atau https, sekilas memang terlihat sama. Namun memiliki perbedaan yang sangat jelas, untuk itu akan dibahas secara lengkap di sini.

Berdasarkan data SSL Labs, pada bulan Februari 2018, terdapat 65.5% website populer yang telah menggunakan HTTPS dari total  jumlah 135.004 website.

Tidak hanya dari sisi SEO, masih banyak keuntungan lain jika Anda menggunakan HTTPS pada website.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Ketika anda mengakses suatu website, pada bagian nama domain akan terlihat tulisan https dan sebuah gembok berwarna hijau.

Tanda tersebut merupakan tanda bahwa webite tersebut sudah memberi keamanan dan melindungi informasi anda.

Sebagai contoh ketika Anda melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit saat berbelanja online, data dari kartu kredit Anda akan sulit diketahui oleh pihak ketiga.

Berbeda hal nya jika website yang Anda gunakan untuk melakukan transaksi masih menggunakan http, maka data Anda akan sangat rawan untuk disalahgunakan. Berikut penjelasan lengkap mengenai perbedaan http dengan https yang wajib Anda ketahui.

HTTP

HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol. Sebuah protokol yang berfungsi untuk berkomunikasi antara sistem yang berbeda. Protokol ini digunakan untuk mengirimkan data dari web server ke browser untuk menampilkan sebuah halaman website.

Ketika website Anda hanyamenggunakan HTTP saja, data yang dikirimkan dari browser menuju server tidak terenkripsi, sehingga pihak lain dapat menyalahgunakannya.

Untuk mengatasi hal tersebut dapat menggunakan versi yang lebih aman yaitu HTTPS, dimana S mewakili kata secure, yang artinya aman.

HTTPS

HTTPS adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. HTTPS sering ditemukan ketika anda mengunjungi sebuah website yang memiliki fitur untuk melakukan transaksi pembayaran atau fasilitas untuk login. Perbedaan antara HTTP dan HTTPS terlihat ketika Anda akan mengakses situs HTTP, ketika website yang menggunakan HTTPS akan otomatis melakukan redirect ke HTTPS ketika diakses melalui HTTP://.

Sebagai contohnya, silakan akses alamat berikut http://www.hoorness.com. Maka akan otomatis menjadi https seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

hoorness

HTTPS juga menggunakan TCP (Transmission Control Protocol) ketika akan mengirim dan menerima data melalui port 443 dengan koneksi yang dienkripsi oleh SSL/TLS (Transport Layer Security).

Cara Kerja HTTPS

Perbedaan HTTP dan HTTPS juga terlihat ketika Anda mengunjungi sebuah website dengan HTTPS, maka browser akan melakukan pengecekan apakah website tersebut terhubung dengan sertifikat SSL/TLS. Ketika terhubung akan terjadi yang namanya SSL handshake.

Kemudian browser akan melakukan validasi dari sertifikat SSL dan memastikan website tersebut benar-benar valid. Ketika proses SSL handshake berlangsung, saat itu public key dan private key akan melakukan enkripsi dan dekripsi pada informasi.

Apabila sertifikat valid, session key akan dibuat oleh klien dan server. Setelah itu koneksi melalui internet sudah dalam kondisi aman dengan ditandai gembok berwarna hijau dan HTTPS sebelum nama domain.

Apa Keuntungan Menggunakan HTTPS dibandingkan HTTP?

Selain perbedaan HTTP dan HTTP yang telah dijabarkan di atas,  perbedaan utamanya terdapat pada keuntungannya. Cukup banyak manfaat yang bisa Anda dapat ketika menggunakan HTTPS untuk website, berikut ini adalah beberapa diantaranya.

1. Untuk SEO

Sesuai dengan postingan Google pada tahun 2014, bahwa HTTPS menjadi salah satu faktor penentu rangking sebuah website. Meskipun demikian, rangking website Anda tidak akan berubah secara signifikan jika mengubah ke HTTPS.

Tapi hal tersebut menjadi efek jangka panjang mengenai user experience dan membangun kepercayaan pelanggan kedepannya. Sehingga ketika memilih berpindah dari HTTP ke HTTPS adalah hal yang perlu dilakukan.

Mungkin saja Anda pernah melihat pesan “not secure” saat mengunjungi sebuah halaman pada website saat akan login atau memasukkan data tertentu. Seringkali anda lebih memilih beralih ke website lain yang sudah memiliki SSL.

Keadaan tersebut bisa menjadi hal yang akan dilakukan pengunjung website Anda ketika melihat pesan “not secure” di browser. Akibatnya pengunjung Anda akan berkurang, dan mengakibatkan menurunnya rangking website Anda.

Saat ini banyak browser yang akan menampilkan pesan tersebut. Salah satunya Google Chrome, sejak bulan Januari 2017 untuk versi 56 ke atas akan menandai website yang masih menggunakan HTTP sebagai website tidak aman.

Dengan menggunakan HTTPS, website Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan peringkat terbaik di hasil pencarian Google.

2. Untuk Pengguna

Saat ini ketika mengunjungi sebuah website, setiap pengunjung memiliki hak privasi masing-masing.

Dengan menggunakan HTTPS. Data pengunjung akan lebih aman ketika berinteraksi melalui website Anda, seperti menginputkan data yang berupa password, email dan lainnya.

Dengan demikian tingkat kepercayaan pengunjung akan meningkat dan akan memperbesar peluang konversi pada website Anda.

Menggunakan HTTPS saat ini adalah hal yang penting, meskipun website Anda tidak menangani komunikasi yang sifatnya sensitif. Selain dapat melindungi informasi data user dan website, HTTPS juga dibutuhkan untuk fitur baru aplikasi web progresif.

Perbedaan HTTP dan HTTPS Dasar Lengkap In Tags :

Perbedaan Http dan Https, SEO, WordPress.

 

© 2020 — Hoorness. All Rights Reserved.